Senin, 17 Desember 2018

Olahraga dan tekanan darah.


Berapa tekanan darah anda saat istirahat hari ini? Kontrol terhadap tekanan darah penting dilakukan setidaknya seminggu sekali. Dalam kondisi istirahat, tekanan manusia dewasa normal rata-rata adalah 120/80mmHg, tanda vital lain yang bisa diukur adalah nadi 80 denyut per menit (diukur dengan menempatkan 3 jari di pergelangan tangan atau antara leher dan dagu), dan pernafasan 24 kali permenit. 

Kontrol tekanan darah penting sebagai indikator awal munculnya gejala hipertensi yang ditandai dengan tekanan darah sistole >149 dan diastole >90 yang kerap muncul pada pasien berusia di atas 40 tahun
Olahraga aerobik (non kompetisi) seperti bersepeda santai, berlari/jogging, berenang, dll memberikan tubuh kesempatan bergerak secara kontinyu selama 45 menit, bahkan bisa lebih jika dilatih teratur tanpa banyak memberi beban tambahan ke jantung. Latihan pembebanan bertahap akan membantu jantung dan pembuluh darah meningkatkan kapasitas dan toleransinya terhadap kerja berat, penuaan, dan stress psikis. Jika dilakukan beregu/bersama menambah keuntungan psikis positif lain seperti meningkatnya kemampuan interaksi dan toleransi. 

Tekanan darah pada orang dengan kebiasaan olahraga yang baik umumnya berkisar antara 110/70 hingga 130/80 meski usia telah lanjut. Namun demikian, denyut nadi bisa jauh di bawah 80x/ menit mengingat kapasitas jantung meningkat sehingga untuk satu kali pemompaan volumenya di atas rata-rata. Pernafasan juga sama, dalam satu menit pernafasan bisa di bawah normalnya. Kondisi saat latihan membuat kita berusaha menjaga nafas agar tidak terengah-engah. Sehingga tubuh kita terlatih untuk "bernafas wajar".

Tetap sehat bersama kami.
dr. 
Senoaji Wijanarko, MARS
2 juni

Tidak ada komentar: